Pages

Subscribe:

Selasa, 19 November 2013

Koneksi Internet ke Komputer



Jaman sudah semakin modern. perkembangan informasi sudah dapat di akses melalui internet.
Dalam pengaksesan jaringan di butuhkan penghubung jaringan internet ke perangkat komputer kita, mungkin ada yang belum mengetahui cara pengoneksian internet ke komputer masing" . Dalam kesempatan kali ini saya akan memberi sedikit info tentang koneksi internet ke komputer. Yuk di baca..!!



#Menggunakan Kabel LAN / RJ45
Tutorial Konfigurasi Kabel Jaringan Ethernet
Ethernet Card yang di pasang dan di install di PC merupakan jenis koneksi yang paling populer dan paling banyak di gunakan di mana-mana dari tingkat jaringan kecil sampai jaringan besar. Ethernet card sekarang ini biasanya dari setiap komputer telah terintergrasi secara langsung dan siap pakai. Secara singkat dan simple nya terdapat 2 koneksi umum yang digunakan dalam menghubungkan suatu perangkat misalnya antara hub dengan hub, PC dengan PC dan PC dengan Hub, koneksi ini dalam kabel UTP jaringan dikenal dengan teknik pemasangan Straight through dan cross through.
Secara singkat dan simple nya untuk menghubungkan 2 komputer atau membuat suatu jaringan komputer kecil atau besar ada 2 hal pokok yang perlu di lakukan:
- Pertama menyiapkan perangkat penghubung koneksi seperti : kabel UTP, Hub atau switch, Router (bila di perlukan),...
- Kedua memberikan alamat TCP/IP di setiap Ethernet Card PC yang akan di hubungkan,


Setting Network atau TCP/IP config
Setelah persiapan kabel penghubung selesai maka langkah selanjutnya dalah men-setting Network ID. Baik dalam koneksi PC to PC atau PC to Hub adalah setting IP config pada dasarnya sama karena kita pada dasarnya menghubungkan suatu perangkat dalam berkomunikasi workstation.
Langkah langkah Setting IP Address
· Klik start connect to Show all Connections
· Klik kanan pada Local Area Network Properties Internet Protocol (TCP/IP)
· Isi alamat IP address pada kotak tersebut dengan memilih Use the following IP address, untuk mengisi IP address misalnya komputer 1 kita anggap sebagai default gate away (server) dan komputer 2 sebagai client, kita memberi alamat IP public class C yaitu 192.168.x.x   

Setelah selesai, cek koneksi antara client – server dengan perintah ping IP address    



#Menggunakan Modem
Setelah anda sudah memiliki modem Smartfren EC1261-2 langsung saja hubungkan modem ke komputer untuk instal driver dan aplikasinya. Proses instalasi modem Smartfren EC1261-2 tergolong mudah karena modem ini sudah memiliki fitur Plug n Play. Dan juga modem ini sudah mendukung Windows 7 di samping dukungan untuk Windows XP dan Vista. Untuk anda pengguna OS Mac, modem ini juga mendukung Mac OS X 10.5 atau yang di atasnya.
Untuk proses instalasi modem Smartfren EC1261-2 berikut penjelasannya.
1.   Hubungkan modem ke komputer/laptop, maka akan muncul Autoplay dan klik pada Run AutoRun.exe. Klik Yes jika ada permintaan UAC. Instal dan jalankan modem tersebut. and Connect. selesai. 
 
Untuk Informasi lebih jelasnya bisa mendownload file di bawah ini :



S   Sekian dlu cara mengkoneksikan internet pada komputer anda sudah bisa kan? klo masi ada error silakan di tanyakan di kotak komentar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar